MENGGALI ILMU BATIK DI RUMAH BATIK KOMAR

0

“MENGGALI ILMU BATIK DI RUMAH BATIK KOMAR”
(Ohan Jauharudin)
Bandung, 12 Nov. 2022.

Dalam rangka memadukan kreasi seni Batik dengan seni Kaligrafi, delegasi Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka melakukan studi banding sekaligus mengenal lebih dekat proses pembuatan batik ke Rumah Batik Komar di Bandung.

Saat kami tiba di lokasi, suasana serta aroma batiknya sudah mulai terasa. Tulisan selamat datang, ornamen mega mendung yang menghiasi dinding setinggi kurang lebih tujuh meter dan Panjang lima belas meter membuat kami semakin penasaran untuk segera memasuki Rumah Batik Komar. Saat memasuki gerbang, aroma asap lilin mulai tercium. Rasa tidak sabar untuk mengenal lebih jelas pun makin menjadi-jadi.

Kami disambut dengan penuh kehangatan dan antusias oleh Dr. Komarudin selaku pendiri sekaligus pengelola Rumah Batik Komar. Dengan gaya bicara yang khas dan mengasyikan, kepada tim Lemkamen beliau memberikan banyak ilmu perbatikan mulai dari proses awal sampai akhir. Bahkan beliau langsung mangajak kami mengenal ke setiap ruang produksi sekaligus mengajarkan cara membatik yg baik dan benar sesuai kaidah seperti halnya dalam berkaligrafi tentunya. Mulai proses pemilihan bahan-bahan yang diperlukan, racikan warna, perintangan lilin dengan canting dan ceplok, pewarnaan, lorot, pengeringan beliau paparkan dengan gamblang. Dan hasilnya pun kami bawa sebagai oleh2…nuhun pak Komar.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik beliau menyarankan agar banyak berlatih. Media atau perlengkapan harus betul diperhatikan. Karena dengan banyak berlatih serta peralatan yang terkontrol sama halnya dalam seni Kaligrafi pun pasti akan mendapatkan hasil maksimal.

Selain itu beliau juga berharap ke depan agar di setiap Pesantren dapat diperkenalkan seni budaya membatik. Karena BATIK jika dibalik menjadi KITAB. Sehingga dari sini saja sudah jelas memiliki filosofis religious yang sangat dekat dengan nilai-nilai ajaran Islam.

Banyak yang bisa diambil pelajaran dari kunjungan istimewa ini. Inspirasi, imajinasi serta kreativitas sangat terbuka lebar untuk berkolaborasi antara dua seni agung ini, KALIGRAFI dan BATIK sehingga menghasilkan sebuah karya seni yang spektakuler.

Perjalanan yg sangat mengasyikan. Semoga dua guru mulia kami Dr. KH. D. Sirojuddin AR, M.Ag & Dr. H. Komarudin dengan masing-masing keahlianya diberikan keberkahan usia, sehat lahir bathin serta kekuatan dalam menjalan dakwahnya (bil Qolam & bil Canting). Mampu memberikan kontribusi positif dalam merawat kekayaan sekaligus mengembangkan seni Kaligrafi & Batik untuk seni budaya di nusantara yang semakin bernilai tinggi….Amiin. wallahu ‘alam. Han’s

Leave A Reply

Your email address will not be published.