ETIKA LATIHAN KALIGRAFI
-
Perhatian, perlengkapan dan persiapan untuk tugas dan seluruh harapan, cita-cita, dan kemajuan
Muamar mempersiapkan latihannya sambil mengamati bentuk-bentuk huruf .
perlengkapan latihannya
Ini diperoleh dari mulai dikeluarkannya buku ini, meletakkanya, membukanya, membuka kotak peralatan dan mempersiapkannya, kemudian menggarisi halaman sebagai pendahuluan menulis, membuka tutup tinta, memilih pulpen dan mata pena yang cocok terus memersiapkan diri untuk mulai menulis. -
Disiplin, mengatur, menentukan pilihan yang cocok dan merasakanMasalah ini menuntut permulaan tugas yang bagus dan tidak terlampauinya batas tepi atau menurun dari bawah garis,memilih pembatas-pembatas yang cocok antara garis-garis yang ditulis dengan indahnya pengaturan format, ketepatangan dan rapinya tulisan.
-
Memperhatikan kebersihan tulisan, peralatan, tangan, dan pakaian
Bakriannor (asal Kalsel) tengah sibuk dengan desainnya, namun tetap teratur dalam penempatan peralatan yang dimilikinya.
Pemeliharaan yang sempurna untuk kebersihan dan mempertahankannya secara sempurna memberi keyakinan dan konsentrasi guru kepada training atau latihan. Ini adalah kebiasaan yang dilakukan murid semenjak kecil seperti anda lihat bagaimna ia meletakkan pulpen atau pensil ditempatnya, tidak boleh berbenturan dengan tangan atau bajunya atau mengotori halaman bukunya atau menaruh pulpen di bibirnya atau menggunakannya sebagai sikat gigi atau sisir rambut dan seterusnya. -
Sabar, rajin, tekun, dan tenang saat bekerjaKesabaran ini dituntut dari murid karena tulisan mengharuskan kestabilan angan kemudian ketenanagan dan ketentraman. Bila kita tambahkan lagi keteguhan dalam latihan, maka kesabaran yang ditempuh untuk mencapai kemajuan akan semakin mantap. Tanpa unsur-unsur ini, pekerjaan apa pun tidak akan maju bahkan siapapun tidak akan sukses.
-
Perhatian, pengawasan , dan kesadaranMasalah ini sangat penting dan guru hendaknya mengingatkan murid-muridnya untuk dapat membedakan antara huruf satu sama lain, memperhatikan ukuran tinggi-rendah, lengkung dan kejur, goresan mencuat dan menukik atau tinggi dan panjang dan seterusnya.Dengan demikian, latihan akan memberikan pengaruh yang efektif dalam meperindah tulisan mereka dan memperlekas sampainya kepada tujuan tersebut.
-
Tidak putus asa dan sukses latihanMotivasi guru kaligrafi yang diberikan kepada murid-muridnya sangat berperan untuk mengikis perasaan putus asa dari jiwa mereka sehingga mereka bias beradaptasi dengan latihan. Adaptasi ini merupakan sukses sebenarnya bagi guru dalam menentukan tradisi berjuang, melangkahi kesulitan, cita-cita meraih sukses, dan keteguhan untuk merealisasikan tujuan.
-
Kebahagiaan karena melaksanakan tugas secara baik dan perasaan gembira terus-menerusRasa gembira, menatap harapan dan kebahagiaan hati dapat terpantul dalam keindahan huruf-huruf yang ditulis murid, membuat mereka selalu optimis, penuh harapan, dan senang menambah aktivitas agar hasil tugasnya semakin bagus.
-
Melunakkan sikapDiantara keistimewaan murid-murid yang tulisan kaligrafinya bagus adalah melunaknya sikap, akhlak, dan pribadinya yang sempurna. Sifat-sifat ini dibentuk oleh tulisan kaligrafi dalam jiwa dan hadir karena anugerah kaligrafi itu. Maka, Anda tidak akan menemukan seorang khattat atau kaligrafer yang hatinya kasar atau tidak bermoral.
Sumber : Sirojudin AR, Didin. (2009). Cara Mengajar Kaligrafi Pedoman Guru. Jakarta : Darul Ulum Press.
saya di kuala lumpur. bagai,mana mahu beli alatan.. harganya???
wasalamu alaikum untuk pemesanan silahkan menghubungi bagian pemasaran kami d website kami http://www.tokolemka.com