خ ط + هجرة ✍🔹🔸🏃🏻🚓 Mutiara Kaligrafi Muharram: SEKARANG KITA HIJRAH DARI MANA KE MANA?(Didin Sirojuddin AR)

0


المُهاجِرُمنْ هجَرمانهَى اللّهُ عنه.
       _“ALMUHAJIR  (orang yang berhijrah) adalah orang yang meninggalkan larangan Allah.”_
(HR Al-Bukhari dan Muslim)
                 
                *****

       Tekanan terhadap umat Islam _assabiqunal awwaluna_ semakin berat. Kaum Quraisy Mekkah tambah menindas dg beragam penyiksaan yg menambah penderitaan di mana2. Menghadapi krisis gawat ini, Rasulullah SAW mengambil tindakan dg mengHIJRAHkan beberapa pengikutnya yg posisinya masih lemah.
       Hijrah gelombang pertama (di tahun ke-5 kerasulan) menuju Abessinia atau Habasyah, diikuti 15 orang (10 laki2 dan 5 perempuan) termasuk Usman bin Affan dan istrinya Ruqayah, putri Rasulullah. Mereka lalu kembali setelah beberapa bulan, karena mendapat informasi Mekkah sudah aman. Situasi di kota Mekkah ternyata semakin kacau dan gawat. Teror kaum musyrikin tambah menjadi-jadi yg berujung dibuatnya undang2 pemboikotan terhadap kaum muslimin. Tindakan musuh sudah semakin kalap dan kejam. Maka, untuk gelombang kedua Rasulullah menyarankan kepada para sahabatnya hijrah lagi ke Abessinia. Kali ini diikuti 101 orang (83 laki2 dan 18 perempuan) di bawah pimpinan Jakfar bin Abi Thalib. Jumlah tersebut melebihi separuh kaum muslimin pada waktu itu. Tapi, dari sini pula Negus raja Abessinia masuk Islam karena terkesan oleh Jakfar dan rombongannya.
        Teror kaum Qureisy  semakin sadis, bahkan menargetkan pembunuhan Rasulullah. Maka, utk gelombang ketiga hijrah massal  dilaksanakan kali ini menuju Yasrib (yg kelak menjadi Madinatunnabi  atau Madinah), diikuti Rasulullah sendiri. Nabi SAW tiba di Madinah pada tanggal 8 Rabiulawal/20 September 622 M. Hijrah terbesar ini bukan lagi pilihan atau sukarela dari anjuran Rasulullah, tetapi langsung perintah Allah utk menghindari intrik2 kejahatan musuh2 Islam. HIJRAH Nabi ke Madinah bukanlah kekalahan, melainkan strategi “kemenangan yg ditangguhkan” utk menyukseskan mision dakwah. Dan ternyata, hijrah jadi “starting point of the Islamic era” atau titik awal kesuksesan dakwah dan kebangkitan dunia Islam.
       Sangat menarik, peristiwa hijrah Nabi ini menjadi dasar inspirasi ditemukannya sistem penanggalan bulan (قمرية) yg dikenal sebagai *TAHUN HIJRIYAH,* pengimbang kalender matahari (شمسية) Miladiyah atau Masehi yg sudah ada sebelumnya. Apabila perhitungan tanggal matahari/Masehi dimulai dari jam 0.0 tengah malam, maka awal tanggal Hijriyah dimulai dari waktu Maghrib.  Jumlah hari tahun Hijriyah lebih sedikit 11 hari setiap tahunnya dibandingkan tahun Masehi. Tahun Hijriyah ditentukan oleh Khalifah Umar pada th 17 H/638 M. Uniknya, prolog kisah dimulai ketika Abu Musa Al-Asy’ari yg menjabat Gubernur Basrah menerima surat dari Khalifah Umar bin Khattab yg tidak mencantumkan tanggal (hari, bulan, tahun). Dalam surat balasan kepada Khalifah Umar, Abu Musa antara lain menulis: “Surat Tuan yg tidak memakai tanggal itu sudah saya terima……” Kalimat singkat itu dirasakan Umar sebagai “cubitan” sehingga membuka pikirannya untuk mencari dan menetapkan penanggalan atau kalender Islam untuk surat-menyurat dan urusan2 resmi negara. Melalui musyawarah dengan para staf dan penasihatnya, ada yang usul agar titik tolaknya dihitung dari hari lahir Rasulullah atau Perang Badar 17 Ramadhan 2 H.  Usulan yg lain: dimulai dari turunnya wahyu pertama atau hari  pengangkatan beliau sebagai Rasul. Akhirnya,  usulan yg disepakati bersama  adalah saran Ali bin Abi Thalib yg menetapkan dimulainya penanggalan tahun Hijriyah dari hijrahnya Rasulullah dari Mekkah ke Madinah, sebab sejak waktu itulah mulai terbentuknya kekuatan Islam yg riil.
       Apakah kita juga harus hijrah? Masihkah relevan menerapkan cara hijrah muslimin Mekkah dulu? Tentu, lebih dari sekedar relevan.  Sebagaimana Rasulullah hijrah menghindari musuh agama yg berkomplot, maka sesungguhnya musuh2 kita yg beragam di jaman sekarang lebih dahsyat, yg  mewajibkan kita untuk hijrah. Musuh2 kita yg licin itu adalah:
1) *CINTA DUNIA* (حب الدنيا) yg berlebihan dan tak terkendali sehingga lupa daratan. Padahal
حب الدنيارأس كل خطيئة
_“Cinta dunia adalah biang segala kesalahan.”_
2) *HAWA NAFSU* yg selalu dituruti (هوى متبع). Padahal, apa yg didapat dari memperturutkan hawa nafsu? Nabi Yusuf mengatakannya:
إن النفس لأمارة بالسوء
_“Sungguh, hawa nafsu itu benar2 menyuruh kepada kejahatan.”_
3) *SETAN GAIB* (yg sanggup lari mengikuti aliran darah) yg malah  dijadikan sekutu, padahal setan seharusnya dilawan:
إن الشيطان لكم عدو فاتخذوه عدوا
_“Sesungguhnya setan itu musuhmu, maka jadikan dia musuh!”_
4) *SETAN MANUSIA* yg lebih berbahaya. Asal selalu berbisik dan memprovokasi  mengajak kepada  kejahatan, manusia dan jin macam begini adalah setan:
من شرالوسواس الخناس الذي يوسوس في صدورالناس من الجنة والناس
_“… dari kejahatan bisikan setan yg bersembunyi, yg membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia, dari golongan jin dan manusia.”_
       Oya, jadi kita harus hijrah dari mana dan ke mana? Bila melihat kepada catatan perjuangan Rasulullah yg berujung kepindahan atau hijrahnya ke Madinah dengan tujuan utamanya “meninggalkan situasi yg buruk  untuk mencari situasi baru yg  lebih baik”, atau seperti sabda beliau bahwa “Orang yang berhijrah adalan orang yg meninggalkan larangan Allah,”  maka setidaknya ada 4 pelabuhan yg bisa dijadikan titik tolak hijrah kita, yaitu:
1) Pertama, من الشرك إلى التوحيد *(dari syirik kepada tauhid)* dengan menyingkirkan sesembahan kepada berhala dan setan, memberantas praktik perdukunan   sampai sikap menuhankan harta, tahta, jabatan, wanita dan serba benda yg lain. Semuanya disterilkan dan  dikembalikan “hanya untuk Allah Yang Maha Esa”.
2) Kedua, من الكفرإلى الإيمان *(dari kekufuran kepada iman)* dengan meneguhkan keyakinan kepada rukun iman yg 6 dan meninggalkan “sikap selalu membangkang” terhadap perintah Allah.
3) Ketiga, من الجاهلية إلى الإسلام *(dari jahiliyah kepada Islam),* yakni meninggalkan adat2 jahiliyah yg busuk seperti: musuh-musuhan, dendam,  bertengkar, iri dengki, takabur, buruk sama tetangga, tidak menghormati  keluarga atau tamu, berkhianat, menggunting dalam lipatan, dan tidak toleran. Semuanya dirubah dg selalu menjunjung perilaku dan akhlak yg Islami. Sesuaikan dg norma2 ajaran agama (Islam).
4) Keempat, من الظلمات إلى النور  *(dari kegelapan kepada cahaya).* Keluarlah dari tempat gelap yg membutakan, yakni “amalan tanpa tuntunan”, perbuatan bid’ah, atau ibadah tanpa ilmu. Lihatlah cahaya Islam dan iman sebagai _way of life_ yg mencerahkan dan selalu memberi harapan. اللهم تقبل وتقبل 🕋🕌

————-
DSAR:  *“Almuhajir”,* 35 x 25 cm, black ink on art paper, 2019.

Leave A Reply

Your email address will not be published.