ALUMNI LEMKA KEMBALI RAIH TERBAIK AJANG BERGENGSI DI TURKI

1

Kembali alumni santri Pondok Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka mengukir prestasi kaligrafi di kancah internasional. Teguh Prastio kelahiran Lampung, 31 Oktober 1989 dan Rivi Pratama kelahiran Padang, 30 September 1993 berhasil meraih terbaik 1 dan 2 pada sayembara tiga tahunan yang digelar Research Centre For Islamic History, Art and Culture (IRCICA) Turki. Selain itu juga sebagai khattat terbaik ketiga Huda Purnawadi asal Jawa Tengah merupakan kaligrafer senior yang sering meraih prestasi di ajang peraduan kaligrafi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Prestasi yang diraih oleh putra-putra terbaik ini tentu tidak datang begitu saja. Tahapan serta perjuangan yang panjang pun harus dilalui. Kesungguhan, ketekunan, kesabaran, dan ketelitian merupakan kunci sukses yang mereka lalui sehingga meraih apa yang dicita-citakan untuk menjadi yang terbaik.

Misalnya saja prestasi yang telah diraih oleh Teguh Prastio yaitu  juara saguhati peraduan internasional Trengganu Malaisia 2012, juara harapan peraduan internasional Assafir Iran 2015, 2018, 2020,  juara 3 peraduan internasional Zeitinurnu Turki 2017, 2018, juara harapan peraduan internasional Albaraka Turki 2018, juara harapan peraduan internasional Konya Turki 2018, juara 1 peraduan internasional Sabah Malaisia 2018, Juara harapan peraduan internasional Hilye Serif Turki 2017, juara 2 peraduan internasional IRCICA Turki 2019, juara 1 peraduan internasional Zeitinburnu Turki 2019.

Sudah saatnya Indonesia memiliki kebanggaan prestasi di bidang seni kaligrafi ini. Prestasi yang sering diraih di kancah internasional oleh putra-putri terbaiknya tentunya memiliki dampak positif sehingga mulai dirasakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang pelu diperhitungkan secara kualitasnya di bidang seni yang satu ini.

Bukanlah hal yang mustahil Indonesia akan menjadi kiblat kaligrafi berikutnya setelah wilayah Arab sebelumnya sebagai cikal bakal kaligrafi dimasa awal pertumbuhannya. Hal ini dibuktikan dengan seringnya prestasi yang diraih dalam setiap kejuaraan mulai dari tingkat ASEAN sampai dunia.

Semoga prestasi terbaik ini menjadi sarana Dakwah Bil Qolam. Komitmen dakwah ini pula yang selalu dipesankan kepada santrinya oleh pimpinan Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka yang juga sebagai tokoh kaligrafi nasional Dr. KH. Didin Sirojuddin AR, M.Ag. Membumikan Alquran melalui goresan tangan-tangan terbaik bangsa. (Hans)

1 Comment
  1. Kampus Swasta Unggulan says

    very interesting and nice article for knowledge Campus Terbaik

Leave A Reply

Your email address will not be published.